sumeleh

semua yang ada di alam semesta berdzikir kepada Allah Swt

Mengubah Bencana Menjadi Peluang

Posted by heri purnomo on February 5, 2007

Dalam hidup, kita memang perlu kreatif dan selalu bergerak. Jika diam, berarti adalah kematian. Ketika bencana atau musibah menimpa kita, kita mesti mencoba mencari hikmah di balik kejadian tersebut. Kita mesti kreatif untuk mengubahnya menjadi peluang.

Kuncinya adalah sabar dan ridha terhadap ketentuan Allah, sambil berusaha keluar dari kesulitan yang diakibatkan oleh musibah tersebut. Contoh konkretnya, jika kita sakit, kita akan merasa tidak nyaman, tak bisa bekerja, merepotkan keluarga, tak bisa beribadah dengan maksimal seperti pada saat sehat, penghasilan berkurang, dsb. Kita akan merasa banyak kehilangan yang dulu tak pernah terpikirkan pada saat sehat.

Tapi, ada satu hal yang positif yang bisa diambil, yakni “nilai kesadaran”. Mudah-mudahan di sini kita menemukan kasih sayang Allah. Kita baru bisa menghargai sesuatu, ketika sesuatu telah tak ada. Kenapa pada saat sehat kita lupa bersyukur ??

Dari sini, kita bisa bersyukur, bahwasanya Allah tidak mentakdirkan segala sesuatu, melainkan ada maksud baik terhadap hambanya.  Di sinilah “Nilai Peluang itu” yang terlahir dari musibah.

Ada satu percakapan yang menarik dari Ali Bin Abi Thalib dan sahabatnya :

Suatu hari Ali Bin Abi Thalib melihat Ady bin Hatim bermuram durja, maka Ali bertanya, “Mengapa engkau tampak bersedih hati?” Adi menjawab, “Bagaimana aku tidak bersedih hati, dua orang anakku terbunuh dan mataku tercongkel dalam pertempuran.” Ali terdiam dan haru, kemudian berkata : “Wahai Ady, barangsiapa ridha terhadap takdir Allah SWT, maka takdir itu akan tetap berlaku atasnya dan dia mendapatkan pahala-Nya, dan barang siapa tidak ridha terhadap takdir-Nya, maka hal itu pun tetap berlaku atasnya dan terhapus pahalanya.”

Sahabat, ternyata di atas semuanya di sisi Allahlah yang terbaik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: