sumeleh

semua yang ada di alam semesta berdzikir kepada Allah Swt

Pahala Sholat Berjamaah Dibanding Sholat Sendirian

Posted by heri purnomo on March 6, 2007

pahalasholat1.jpg  Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, “Shalat seseorang dengan berjamaah itu dilipatgandakan (pahalanya) atas shalatnya yang dilakukan di rumah atau di pasarnya dengan kelipatan dua puluh
lima kali. Yang demikian itu karena apabila ia menyempurnakan wudhu’nya dengan maksud untuk shalat (berjamaah), maka tiadalah ia melangkahkan kakinya selangkah melainkan terangkat untuknya satu derajat dan dihapuskan daripadanya satu kesalahannya. Lalu apabila ia melakukan shalat, maka senantiasalah Malaikat mendoakan atasnya, selama ia masih tetap berada di tempat shalatnya. (Doa Malaikat itu adalah), ‘Ya Allah, belas kasihanilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia.’ Dan senantiasalah salah seorang kamu dianggap berada dalam shalat, selama ia menantikan shalat (berjamaah).” 
( HR.Bukhari – Muslim )

Dari Gambar di atas, barangkali bisa dianalogikan perbedaan yang sangat mencolok ini. Sholat berjamaah ibarat naik Pesawat Terbang,  sedang sholat sendirian ibarat naik bajaj atau naik sepeda kumbang, manakah yang akan lebih cepat sampai ke tujuan ?

Jika kita tahu demikian besar keutamaan sholat berjamaah dan pahalanya pun berlipat ganda dibanding sholat sendirian, akankah kita tetap merasa lebih baik sholat sendirian ? Jika Allah menyukai sholat berjamaah, tentu sebagai hambanya akan lebih afdhol jika senantiasa sholat berjamaah seandainya tak ada halangan berat yang menghalangi seperti sakit sehingga tidak bisa berjalan menuju tempat sholat berjamaah. Semoga Allah memudahkan segala ikhtiar kita, Amien.

About these ads

19 Responses to “Pahala Sholat Berjamaah Dibanding Sholat Sendirian”

  1. Maturnuwun pak iya ya seringkali kita ga sholat berjamaah gara2 ga sempet, padahal semua ibadah kalau berjamaah lebih bemanfaat :)

    @ Amien, sy jg sedang mengingatkan diri sendiri ini bu. Keengganan berjamaah memang masih menjadi sesuatu yang memprihatinkan. Sering dijumpai masjid-masjid besar dan mewah, namun sedikit jamaah sholat lima waktu, bahkan banyak yang tak / terlupa dikumandangkan adzan. Mungkin ini yg sering dikatakan, Islam tertutupi oleh umatnya sendiri. Wallahualam bishawab.

  2. wadehel said

    Menurut saya, hubungan sama tuhan itu malah lebih baik kalau sendiri. Rame-rame grubag grubug malah ga bagus, dah berisik, akhirnya rentan cuma jadi riya.

    Tapi emang sih, sampe tingkat tertentu ada bagusnya kroyokan gitu, tapi kalo mo lebih serius spiritual, ya sendiri.

    Menurut saya lho :P

  3. junthit said

    Kok gambar diatas jadi kayak matematika ya,bikin sendiri atau ada sumbernya ??

  4. sumeleh said

    @ Wadehel
    Trims mas Dehel, telah berkunjung. Kalo masalah riya’ sih mas, dalam lorong gelap di tengah malam dalam keadaan sendiripun kalo manusia mau riya’ dan ujub itu bisa. “Wah, ibadah itu harusnya seperti saya , sendirian aja, tak perlu pamer sama orang lain seperti kalo sholat bareng-2. ”

    Tapi mas Dehel, jika semua orang mengatakan misalnya : Menurut A sholat itu begini, menurut B. sholat mestinya pake 2 bahasa, menurut C sholat lebih enak tanpa busana jadi nampak kepasrahan total sama Tuhan, menurut D. sholat itu harus dalam keheningan dan kesunyian diri.. bla. bla. bla.. coba bayangkan apa jadinya.

    Atau jika dalam suatu negara, kalo suatu hukum itu mengikuti selera rakyat, wah repot mas. tak ada kepastian, dan bisa kita bayangkan betapa amburadulnya tatanan kehidupan.

    Tapi yang jelas, ( maaf nih saya hanya orang awam mudah-mudahan tidak salah ), kata Rasul sebelum meninggal, dia akan meninggalkan 2 wasiat yang jika kita berpegang dengan keduanya kita tak akan tersesat. yaitu Al-qur’an dan Hadist. Nah, apa yang saya cantumkan di atas itu bukan karangan saya sendiri, tapi kutipan dari Hadist Abu Hurairah R.A. Kita bersyukur punya pegangan, sehingga tidak melakukan sesuatu hanya menurut pendapat ustad A, atau ustadz B. Melainkan jika tak ada rujukannya patut kita ragukan.

    Itu saja mas. Thx lho atas inputnya.

    @ Junthit
    Memang kelihatannya seperti matematika ya, tapi itu hanya kiasan saja dan hanya coretan2 saya jika 1 banding 25 ato 27 itu dijadikan grafik. Dari bahasa grafik itu kita bisa lihat betapa keutamaan berjamaah dibanding sendiri itu sungguh luar biasa. Mungkin waktu kecil kita pernah diajarin, 1 buah lidi dan sebuah sapu lidi ( kumpulan dari lidi yang diikat ), akan lebih berguna yang mana ? 1 sapu lidi sendirian mungkin hanya bisa untuk membuang 1 kotoran kecil, tapi sebuah sapu lidi bisa untuk membersihkan satu halaman rumah.

    Jadi, grafik itu bukan berarti kita berhitung keuntungan pahala dengan Allah, bukan. Itu hanya makna simbolik saja, betapa sangat bermanfaatnya kehidupan berjamaah.

    Mungkin sebelum tidur kita perlu bertanya pada diri sendiri, kenapa ya Allah menjanjikan kita pahala yang berlipat ganda kalo kita mau berjamaah, padahal menurut kita bisa terjerumus ke sifat “RIYA” ? Apakah logika Allah gak salah nih ? Apakah logika kita yang benar ?

    Mudah-mudahan keterbatasan kita sebagai manusia ini, membuat kita senantiasa berprasangka baik sama Allah.

    Amien.

  5. kw said

    menurutku, dampak solat berjamaah, kita makin kenal dengan teman jamaah. lama-lama akrab lalu jadi berteman baik. teman baik akan memudahkan urusan.

    tak perlu sampai ke Tuhan.

    menurutku lho….

  6. sumeleh said

    Betul mas Kw.
    Dalam hubungan vertikal & horizontal ( habluminallah & habluminannas ) sholat berjamaah banyak manfaatnya.

  7. Dono. said

    Ass.wr.wb,
    Salah satu dari manfaatnya adalah persaudaran antara muslim/muslimah.
    Membentuk kekuatan dan kesatuan dalam islam.

    Wassalam.

  8. andry said

    menurut ana solat berjamaah bagi kaum adam hukunya wajib kalau tidak ada uzur yang syari

  9. M AdJIE said

    Iya mas, pahalanya beda jauh banget
    Dari mulai keluar rumah, sampai pulang ke rumah kembali full pahala. Jalan kaki ke masjidnya aja pahalanya banyak, trus kalo dapat shaf pertama juga pahalanya nambah lagi, trus kalo bilang ” Amin ” nya bareng sama malaikat dapat pahala lagi, trus kalo habis sholat tetep duduk disitu buat nunggu waktu sholat berikutnya masih dapat pahala lagi, tapi kok masih banyak yang malas solat jamaah ya? :D

  10. andre M.Nc said

    shalat berjamaah sama saja kita di doakan orang banyak, dan kita juga mendoakan orang banyak lagi pula shalat berjamaah lebih mudah dibandingkan shalat sendiri, coba fikirkan kalau shalt sendiri banyak bacaan yang harus kita baca tapi kalau shalat berjamaah tidak sepenuhnya kita baca dan pahalanya lebih banyak dibandingkan shalat sendiri, kalau shalt berjmaah pahlanya sebanyak 27 derajat enakkan maka shalat berjmaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah yuk agar kita didonakan orang banyak buruan mumpung umur masih panjang……………..

  11. deni said

    iyaa ya pak memang sangat besar bedanya pahala sholat jama’ah dgn sendiri tapi kalau ber sedekah secara berjama’ah ( bareng 2) pahalanya gimana?

  12. jakalaut said

    di antara do’a malaikat untuk mohon ampun pada manusia
    1,duduk mennanti imam sholat
    2,tidur punya wudlu
    3.sholat baris paling depan
    4,tidak berubah saat selesai sholat

  13. abu arsyad said

    tapi jarang kita melaksanakan

  14. abu arsyad said

    yang tidak sholat berjamaah jaman sahabat hanya 2 orang yaitu : maridhun au munafikun { sakit dan munafik}

  15. lilis said

    semoga dgn sholat berjamaah banyak kelebihan kelebihan yg positif yg datang di kehidupan kita….amin.

  16. elly mamah nayladanrio said

    “yuk kita sholat b’jamaah”

  17. fadli said

    hadis nabi muhammad SWA barang siapa yang sholat di rumahx tetapi ia mampu untuk ke masjid maka nabi menyuruh anak2 muda untuk membakar rumah orang yang sholat dirumah tersebut

  18. zivana said

    mau tanya ni; pada saat hadist tersebut turun apakh perintah tersebut yg dimaksud untuk sholat lima waktu? bila benar bagaimana dengan sholat berjaamah yang untuk sholat sunnah misal tarawih? apakah disamakan juga pahalanya? sy sempat dengar dr orang , bahwa pahala shloat berjamaah 27x lipat itu hanya utk sholat wajib saja. tdk lah diberlakukan sama denga sholat tarawih.

  19. […] Pahala Sholat Berjamaah Dibanding Sholat Sendirian […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: