sumeleh

semua yang ada di alam semesta berdzikir kepada Allah Swt

Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan

Posted by heri purnomo on February 22, 2007

Inna Ma’al ‘Usri Yusra (Sesungguhnya setelah kesulitan
ada kemudahan).

 Untuk yang kedua kali saya kutipkan juga sebagian dari is buku Laa Tahzan.. buah karya Dr. Aid Al-Qarni.  Semoga bermanfaat.

Wahai saudaraku,

Sesungguhnya setelah kelaparan ada kenyang, sesudah dahaga ada kesejukan, setelah begadang ada waktu tidur, setelah sakit ada sembuh, pasti yang sesat akan menemukan jalannya, yang telah melalui kegelapan ada secercah cahaya terang benderang. Lihatlah para petualang di sebuah gua yang gelap, setelah berjalan kesana kemari melihat setitik lobang cahaya. Karena apa? Karena Allah berfirman :” Mudah-mudahan Allah akan mendatangkan kemenangan atau keputusan kepada kita dari sisiNya. Kata ‘Asa (mudah-mudahan),  dalam kamus Allah itu merupakan suatu kepastian, bukan seperti mudah-mudahan dalam bahasa lisan makhluk, yang tak pasti.

Beri kabar gembiralah bagi malam yang gelap, bahwa esok lusa akan ada fajar dari puncak gunung, dan celah-celah lembah, berihkabar gembiralah bagi mereka yang dalam keadaan gelisah, goncang, bahwa dalam lamhatilbashar menurut pandangan Allah, akan ada kegembiraan, ada kelembutan tersembunyi dibalik penderitaan itu.

Apabila kita melihat dan berjalan ditengah padang pasir nan tandus itu,.kita berjalan lagi..masih juga padang pasir,.berjalan terus,..sampai suatu saat kelak kita akan menemukan dedaunan hijau, perkampungan hijau, ada kehidupan disana.Semua itu kerana apa,..? Karena setiap ada muara ada hulunya atau sebaliknya. Ada ujung ada pangkalnya, ada kesulitan pasti setelah itu ada kemudahan.

Bila kita melihat tali itu kuat dan sambung menyambung ,.lihatlah suatu saat pasti akan ada terputus juga, dibalik kemelaratan, pasti ada kebahagiaan, didalam ketakutan, akan disertai rasa aman, dalam kegoncangan, setelah itu pasti angin itupun tenang kembali. Ombak menderu-deru, tidak selamanya ia berhembus terus, pasti ada masa tenangnya. Karena apa…? Karena Allah sudah berfirman :” Tuulijullaila finnahaari..watuulijunnahaara fillaili “( Allah menggantikan malam kepada siang,siang diganti malam).Masa regenerasi dan pergantian itu pasti ada.

Jadikanlah jeruk nipis itu menjadi manis !!

Orang yang cerdas, lagi pintar, akan merubah kerugian-kerugiannya kepada keberuntungan-keberuntung an. Sementara orang yang bodoh lagi selalu dalam keadaan bingung, akan menambah musibah menjadi dua musibah,.bahkan musibah bertingkat-tingkat.

Lihatlah betapa Rasulullah SAW diusir dari kampong kelahirannya Mekkah. Apakah beliau bersikap pessimis dan patah semangat? Tidak bukan? Beliau hijrah ke Medinah dan mencari penghidupan baru disana, berkarya, bekerja dan berdakwah, sehingga jadilah beliau maju dan dapat membangun Medinah menjadi manusia-manusia bertaqwa, setelah mapan beliau baru kembali membangun asal negerinya yang beliau pernah diusir itu. Bayangkan,..seorang yang ummi, tak tahu baca dan tulis , diusir dari kampung  halamannya sendiri, dan oleh bangsanya sendiri, dapat merubah masyarakat dari lembah kejahiliahan, menjadi insan yang tahu ilmu, tahu nilai-nilai akhlak yang luhur, dan maju dalam perekonomian. Dikenal dan dikenang dalam sejarah turun temurun.

Imam Ahmad bin Hanbal dipenjarakan, dicambuk, apa yang terjadi pada beliau setelah itu? Beliau jadi Imam ahli Sunnah. Imam Ibnu Tayyimiyah keluar dalam tahanannya penuh dengan ilmu yang berlimpah ruah. Mengarang 20 jilid buku fiqh. Ibnu Katsir Ibnu jauzi di Baghdad Dan Imam Malik bin raib di timpa musibah yang hampir mematikan beliau, dengan penderitaannya itu beliau telah menulis qasidah yang benar-benar membuat orang terpukau,sya’ir-sya’ir beliau yang membuat orang membacanya terperangah dapat mengalahkan penyair-penyair Abbasiyyah yang terkenal
itu.

Apabila seseorang menimpakan kepadamu kemudharatan, dan apabila kamu ditimpa musibah,.maka lihat lah dari sisi lainnya. Bila kamu melihat kegelapan, carilah titik terangnya. Apabila kamu disuguhkan seseorang secangkir jeruk nipis yang asam, maka tambahkanlah gula didalamnya biar terasa manis.

Apabila seseorang memberikan serigala yang galak kepadamu, maka ambillah kulitnya yang berharga, tinggalkan yang tak berharga. Apabila kamu diserang dan digigit kalajengking, maka ambillah obat antibiotik dari binatang itu juga, karena didalamnya juga ada racun hidup yang dapat mematikan kuman.

Jadikanlah Ac pendingin didalam tubuhmu yang keras, dan panas itu sebagai penyeimbangnya. Agar keluar dari dalam tubuh kita bunga yang harum semerbak wanginya . Bila kamu benci akan sikap seseorang, jangan jauhi ia, ambil dan lihat sisi baik darinya. Semua ini karena apa..? Karena Allah berfirman : ” ‘Asaa antakrahuu syaiaan,wahuwa khairullakum “. Bisa jadi sesuatu yang kamu benci itu,malah disebalik itu ia baik untukmu. Begitupun sebaliknya,.” Bisa jadi suatu yang sangat kamu cintai, ia tak baik dan menjadi mudharat untukmu juga “.

Masyarakat Prancis selalu berada dalam penjara sebelum terjadi revolusi. Ada yang hidup dalam optimis, ada yang pessimis. Adapun yang Optimis maka ia akan selalu melihat pandangan ke atas langit , kepada bintang, sementara yang pessimis selalu melihat tanah dijalanan, selalu menangis. Tak bergerak, tak ada daya dan upaya menuju kemajuan.

About these ads

20 Responses to “Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan”

  1. agorsiloku said

    Amin, buku ini begitu indahnya. Jarang ada buku yang memberikan keindahan seperti ini. La.

  2. sumeleh said

    Sederhana dan terasa menyejukkankan membacanya. Semoga makin banyak orang yang membaca dan mengambil manfaatnya.

  3. umi kulsum said

    Intinya adalah yakin bahwa apapun yang kita terima (keadaan/perlakuan)di dunia adalah tidak pernah lepas dari kehendak Allah SWT.
    Yang membuat hati senang, kita syukuri sebaliknya yang membuat sedih/kecewa kita bersabar.
    Ketika gembira jangan sampai lupa diri dan ketika sedih jangan terlalu sedih dan putus asa.
    Sesungguhnya Allah maha tahu yang terbaik bagi setiap makhluknya…
    Yakinlah bahwa keadaan yang tidak menyenangkan hati kita bukan berarti Allah sedang menghukum kita, tapi justru sedang meningkatkan derajat kita.
    Kita harus bersyukur karena kita terpilih mendapat ujian…
    dan yakin Allah akan ganti yang luput dari kita dengan yang lebih baik….bersabar sebentar sampai saat itu tiba…
    yakinlah Allah Maha Baik….ikhtiar, doa, serahkan sepenuhnya kepada Allah..
    mudah-mudahan manfaat…

    = Sukron atas silaturahimnya. Dan semoga kita manusia tetap istiqamah bahwa di atas segala2nya kepada Allah lah tempat mengembalikan semua perkara dalam keadaan apapun juga, sehingga hati menjadi tenang dan tenteram. Ala bidzrikillah tatmainul qulub.

  4. […] [sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan] http://sumeleh.wordpress.com/2007/02/22/sesungguhnya-setelah-kesulitan-ada-kemudahan/ [dOa ORang yang mempunyai masalah sulit] […]

  5. bams said

    terkadang sesuatu yang g’gta suka adalah yang terbaik untuk qta,allah is the best.alhamdulillah Dia sellalu mengabulkan setiap doa yang q panjatkan…thanks for you allah swt

  6. dina said

    JANGAN LUPA SABAR, SABAR ITU TAK ADA BATASNYA, YAKINLAH ALLAH AKAN MEMBERIKAN YANG TERBAIK, SEMOGA KITA MENJADI ORANG YANG TANGGUH

  7. yosn said

    Setan itu adalah roh yang menyesatkan, yang mengganggu keimanan seseorang kepada TUHAN, tujuan setan di dunia ini adalah mengoyahkan iman dari umat yang percaya kepada YESUS KRISTUS. Perlu saudara ketahui bahwa IBLIS bermusuhan dengan YESUS karna hanya YESUS yang tidak bisa digoda/dipengaruhi/bahkan dibunuh sekalipun, selain itu IBLIS membenci YESUS karna YESUS sangat berkuasa atas SURGA dan NERAKA, YESUSlah yang berhak menentukan siapa yang masuk NERAKA atau SURGA, oleh karna itu IBLIS membenci YESUS. Seluruh nabi-nabi yang ada dalam KITAB SUCI (baik dari ADAM sampai MUHAMAD (MUHAMAD disesatkan oleh IBLIS dengan cara mengangkat diri menjadi nabi dan menyesatkan dengan mensahkan kawin dengan banyak wanita, sakah satu cara IBLIS menggoda manusia adalah dengan SYAHWAT dan MOHAMAD sukses dikalahkan oleh IBLIS dakam hal ini) berhasil digoda oleh IBLIS hanya satu yang tidak bisa yaitu YESUS. Oleh karna itu IBLIS menggunakan berbagai cara untuk menyesatkan iman seorang KRISTEN, dengan berbagai cara yaitu bisa dengan tangan orang lain seperti Organisasi ISLAM yang berusaha menutup/menekan GEREJA-GEREJA, atau menggoyahkan iman KRISTEN lewat perkawinan dengan berpura-pura setia ingin masuk kristen dgn berpura-pura menyenangi gadis kristen, menghamilinya lalu apabila tidak mau masuk islam ditinggal saja (ini cara IBLIS), atau lewat dakwah di mesjid-mesjid yang mencap KRISTEN itu KAFIR (ini juga sifat IBLIS suka memvonis.
    Baru-baru ini ada penelitian dari ISRAEL yang menemukan fakta bahwa tuhan yang disembah oleh ISLAM selama ini ternyata bukan Tuhan sesungguhnya melainkan TIPUAN dari IBLIS itu sendiri yang menyaru sebagai TUHAN yakni ALLOH nya umat islam, kita tahu bahwa nama ALLOH itu sudah ada sebelum islam masuk di arab yakni sebagai DEWA AIR bangsa ARAB yang beristrikan AL LATA, dan punya banyak anak buah seperti AL HAJAR ASWAD dll, setelah MUHAMAD datang status ALLOH yang sebagai DEWA ini diubah oleh MUHAMMAD menjadi TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI dengan ‘meminjam’ referensi dari TAURAT, ZABUR dan INJIL. Ini adalah rencana dari IBLIS untuk menyesatkan IMAN KRISTEN, yaitu dengan tidak mengakui bahwa YESUS adalah TUHAN FIRMAN ALLAH YANG HIDUP, tidak mengakui KEBANGKITAN YESUS (padahal kebangkitan ini adalah realisasi dari KUASA ALLAH sendiri yang berarti ISLAM tidak mengakui KUASA ALLAH=SIFAT IBLIS.)
    Saran saya untuk umat islam adalah PELAJARILAH dan KENALILAH YESUS/ISA ALMASIH secara mendalam karena MUHAMAD sangat mengidolakan YESUS/ISA ALMASIH terbukti dari kata ISLAM yang dipakai MUHAMAD adalah perwujudan dari MUHAMAD meninggikan nama YESUS/ISA ALMASIH.
    ISLAM = ISa alaihiwasaLAM

  8. sumeleh said

    # Pak Yon
    # Terima kasih atas masukkannya, tapi bagi saya tak banyak manfaat jika perdebatan dilakukan panjang lebar hanya untuk membenarkan diri masing-masing. Dalam Islam kita harus menghormati agama lain, dan selayaknya bagi yang punya keyakinan lain hendaknya menghormati pula. Bagi anda agama anda dan bagi saya agama saya. Saya tidak berhak mencampuri orang lain, demikian pula sebaliknya.

    Allah adalah satu, dialah tempat bergantung. Tidak beranak dan tidak pula diperanakan. Dan tak ada satupun dzat di semesta ini yang menyerupaiNya.

    Muhammad hanyalah utusannya, demikian juga Isa putra Maryam, dialah utusan Allah untuk umat pada masanya. Demikian juga Daud, Musa, Ibrahim dan Adam , hanyalah seorang utusan. Dan itu tertera dengan jelas di kitab kami Al-Qur’an yang selalu dijaga Allah kebenaran dan keotentikannya di manapun berada.

    Demikian Pak Yon, maaf jika kurang berkenan.

  9. safiya said

    Bagi saya, semua yang berlaku itu ada hikmahnya..dan saya akan sabar serta yakin menanti hikmah tersebut tiba..
    Saya fikir saya tidak kuat untuk menghadapi ujian ini, tetapi apabila membaca ayat Quran ini,”Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”
    (QS. Al Baqarah, 2 : 286).
    saya telah tersedar dan mungkin Allah menguji saya dengan dugaan ini supaya saya menjadi hamba yang lebih baik kepadaNya…sahabat2..doakan sy tabah menghadapi ujian ini dan semoga doa2 kita dimakbulkan Allah..Amin….

  10. Bagus said

    #P Yosn
    Klo anda yakin kebenaran yg anda katakan, ini ada tantangan dari Allah dalam kitab suci qur’an :

    Siapa yang membantahmu tentang kisah Isa sesudah datang ilmu (yang meyakinkan kamu), maka katakanlah (kepadanya): `Marilah kita memanggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, diri kami dan diri kamu; kemudian marilah kita bermubahalah kepada Allah dan kita minta supaya laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta.
    (QS. 3:61)

    Trim’s

  11. […] Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan […]

  12. raka said

    @yosn….
    ..Setahu saya agama anda adalah agama penuh kasih, alangkah bijaknya anda tidak untuk menklaim dan mem”vonis” agama lain itu buruk,…kan anda sendiri yg bilang klo perbuatan mem”vonis” itu sifat dari Iblis. Jadi saran saya…kita yang berbeda keyakinan harus saling hormat menghormati saja, sesuai dengan apa yang di ajarkan di keyakinan kita masing-masing. pissssssss

  13. Yach … biasalah … disetiap agama ada yg memahami agamanya dng SALAH, … ada yg jadi ekstrim kiri karena nggak faham agamanya … juga ada yg jadi ekstrim kanan, itu pun karena nggak faham agamanya sendiri ……

    Jadi … untuk jenis orang2 seperti … si YOSN itu … yang buat saya itu tulisan lucu sekaligus menunjukkan betapa bodohnya dia dan betapa nggak fahamnya dia mengenai agamanya sendiri …. bisa dibayangkan … agamanya sendiri aja nggak faham … apalagi agama orang lain … hehehe … patut dikasihani …

    thanks a lot

  14. rooly said

    Rokok Elektrik atau Elektronik dan juga sering orang menyingkatnya dengan nama’ROKEL’ merupakan suatu produk yang dibuat khusus bagi penggila rokok yang tak bisa menghentikan kebiasaan merokok karena terbatas oleh waktu dan tempat. Tidak sedikit perokok yang ingin tetap dapat menikmati merokok pada saat mereka berada di ruangan-ruangan atau bahkan di lingkungan yang merupakan tempat yang dilarang merokok.

    Dengan ROKEL (disesuaikan dengan etika lingkungan yang berlaku), semuanya memungkinkan.

    Mengapa ? Karena ROKEL sebuah perangkat elektronik dengan ukuran dan model mendekati bentuk rokok biasa, tidak mengandung Tembakau. terdiri dari perangkat elektronik yang aman dipakai, memiliki sertifikat CE dan RoHC yang diakuiinternational, bebas bau dan asap tak sedap, bebas abu dan puntung, aman bagi lingkungan sekitarnya dan baik bagi kesehatan.
    E-Cig adalah alternatif merokok yang paling sehat, seperti yang tertera di situs E-Cig.com. E-Cig yang menggunakan bateri isi ulang (rechargeable) ini berbentuk sebuah pipa kecil yang terbuat dari stainless steel dan berisi rangkaian komponen elektronik. Rangkaian tersebut terhubung dengan inhaler serta smoking liquid container, yang nantinya menghasilkan sebuah penguapan yang dihisap oleh si perokok E-Cig. Penguapan smoking liquid tersebut akan bekerja otomatis berdasar switch tekanan angin begitu terdapat hisapan dari perokok E-Cig. E-Cig memiliki beberapa macam produk, antara lain Mini Cig, E-Cigar, dan E-Pipe yang berbentuk seperti pipa cerutu detektif Sherlock Holmes. Di tiap-tiap jenisnya, E-Cig juga menawarkan berbagai tingkat kadar nikotin, dari yang bebas nikotin hingga bernikotin ekstra tinggi 24mg. Selain itu, E-Cig juga menawarkan berbagai rasa, seperti apel, anggur, lemon, hingga rasa asli rokok-rokok ternama, seperti Marlboro dan Hilton. Kadar nikotin serta rasa E-Cig, disesuaikan melalui smoking liquid di dalam catridge yang dapat dibeli dan dapat diubah setiap saat. Satu paket Mini Cig dijual termasuk lima catridge berisi smoking liquid yang dapat dipesan rasa dan kadar nikotinnya, dua baterei rechargeable, charger, dan buku petunjuk penggunaan.
    bila berminat silahkan menghubungi via sms ke
    085859467928
    office jl klipang blok q 3 no 18
    semarang,50272
    chairul sarto utomo
    mw liat gambar nya di serigalasenja@blogspot.com

  15. santicassiopeia said

    think positive

  16. sonny said

    assalamualaikum wrwb…
    byak sekali hal2 baik yang saya dapatkan. saat ini saya sdang di timpa musibah yang berat..saya sangat menbutuhkan masukan2dari teman2 semua.sebagai penguat iman..dan silaturahmi sesama muslim. kecuali untk pak yosn.. maap bukan tempat anda di sini.. biarlah kami bersama…buat teman2 ku mohon sarannya di millis ku sondonk94@rocketmail.com wassalamualaikum…

  17. Anesa SP said

    Subhanallah…
    buku la tahzan ini memang sungguh bagus.saya juga pernah membaca kutipan buku ini.
    i agree with Mr. Sumeleh, Mr. Raka, and Ms. Putri argument about Mr. Yosn.
    Islam mengajarkan untuk saling menghormati dan toleransi dengan agama lain, begitupun dengan saya yang insya Allah bisa menghargai opini Pak Yos.
    harap bisa dimengerti.

  18. […] [sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan] http://sumeleh.wordpress.com/2007/02/22/sesungguhnya-setelah-kesulitan-ada-kemudahan/ […]

  19. Smokeless Cigarette Trial…

    […]Sesungguhnya setelah kesulitan ada kemudahan « sumeleh[…]…

  20. Yoga said

    ISesungguhnya agama yang di ridhai Allah adalah Islam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: