sumeleh

semua yang ada di alam semesta berdzikir kepada Allah Swt

Khusyuk dalam Shalat

Posted by heri purnomo on February 15, 2007

Oleh : Umi Hasanah

 Shalat adalah komunikasi seorang hamba dengan Tuhannya. Kadang shalat diartikan sebagai al-munaji yaitu dialog interaktif antara hamba dan Tuhannya. Juga dimaknai doa karena terdiri atas permohonan orang yang shalat (mushali) kepada Tuhannya. Seperti kalimat warzuqni, artinya limpahkanlah rezeki kepadaku.

 Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Tirmidzi, bahwa ketika orang yang sedang shalat mengucapkan ”alhamdulillah”, Allah SWT menjawab ”hammadani ‘abdi (telah memuji kepada-Ku hamba-Ku).”Kata khusyuk berasal dari khasya’ yakhsyu’ khusyu’an yang artinya memusatkan segala ruh hati dan pikiran seorang mushali kepada semua gerakan dan bacaan dalam shalat. Sehingga, pikiran dan hatinya hanya terfokus di dalam shalat semata.

Imam Syafi’i menjelaskan dalam kitab Al-Um, ”Orang yang sedang shalat hendaklah ia seperti seorang prajurit yang berhadapan dengan seorang raja gagah dan kuat. Serius, tegak, konsentrasi, dan fokus terhadap perkataan rajanya itu.” Firman Allah Azza Wajalla, ”Sungguh bahagia orang-orang yang beriman. Yaitu orang-orang yang di dalam shalat mereka khusyuk.” (QS Al-Mu’minun [23]: 1-2).

Rasulullah SAW memberikan kiat-kiat agar shalat khusyuk. Pertama, mengingat kematian ketika dalam shalat. Sabda Rasulullah SAW, ”Ingatlah kalian terhadap mati ketika dalam shalat. Sesungguhnya seseorang yang ingat mati dalam shalat, ia akan memperbaiki shalatnya. Jika tidak mengingat kematian diri kalian, niscaya urusan duniawi akan mengganggu konsentrasi shalat kalian.” (HR Ad-Dailami)

Kedua, tenang dan seakan-akan melihat Allah SWT. Tahapan kedua jika mushali ingin merasakan khusyuk dalam shalat adalah melakukan ketenangan dalam semua gerakan dan bacaan sehingga merasakan seakan-akan melihat Tuhannya. Ujar Rasul, ”Shalatlah kalian semua dengan tenang seakan-akan kalian melihat Allah di depan kalian. Walaupun kalian tidak melihat-Nya sesungguhnya Allah melihat kalian semua.” (HR Abu Muhammad Al-Ibrahimi)

 Dalam beribadah, seyogianya kita mengingat akan mati di esok hari agar semua ibadah kita terasa khusyuk. Sebaliknya, jika dalam urusan dunia hendaklah kita seakan-akan hidup untuk seribu tahun, agar khusyuk dalam bekerja.Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada kita agar khusyuk dalam shalat. Karena dialog interaktif antara kita dan Sang Khalik dapat menghasilkan pahala yang memuaskan. Beliau bersabda, ”Apabila salah seorang dari kamu sekalian sedang melaksanakan shalat, sebenarnya ia sedang berdialog dengan Tuhannya. Maka, perhatikanlah bagaimana cara berdialog itu?” (HR Imam Hakim). Wallahu’alam bish-shawab.

About these ads

43 Responses to “Khusyuk dalam Shalat”

  1. Bagi saya Shalat adalah makanan ruh,sarana ruh saya berhubungan dengan Allah SWT dan memelihara ruh agar tetap sehat… Tidak hanya tubuh yang perlu di pelihara

  2. sumeleh said

    oh ya.. betul bu, ruh juga seperti raga. perlu dirawat dengan makanan rohani. jika tidak akan kelaparan dan kering, jika tak ada ruh yang sehat seperti mayat yang berjalan.

  3. agorsiloku said

    bagaimana mengartikan penuh konsentrasi dalam shalat, apakah seperti konsentrasi pada meditasi?. Ada berapa “suara” kah yang kita dengar dalam shalat kita?

  4. sumeleh said

    penuh konsentrasi, menurut pemahaman saya Pak Agor, adalah berusaha melepaskan ikatan-ikatan duniawi semaksimal mungkin dan berusaha memfokuskan bahwa kita sedang bermunajat dg Allah, raja segala raja alam semesta. Setiap terngiang suara-suara yang mengganggu, segera kita benamkan dalam ingatan kita, kita alihkan fokus pikiran kepada Allah.

    Memang sangat sulit untuk bisa khusuk seperti Rasulullah dan sahabat-sahabat, tapi tentu kita perlu terus mencoba, sehingga bisa sedekat mungkin menuju khusuknya beliau-beliau.

    Pak Agor, belum lama saya membeli buku Panduan Sholat Lengkap, ditulis oleh Dr. Said Bin Ali Bin Wahab, terbitan Almahira. Bukunya bagus dan bahasanya enak dan runtut. Setiap pembahasan, selalu ada argumentasi dalil-dalil dalam Al-Quran dan Hadits, dan tauladan-2 beliau, bagaimana tata cara Sholat yang benar. Harganya hanya 88 ribut. ( Maaf, bukan promosi ya, saya beli di Gramedia Depok ).
    Saya menangkap secara garis besar “Bahwa kalo sholat kita sudah benar ( dari semenjak bersuci / berwudhu dan tata cara sholat kita sudah sesuai dengan tuntunan Rasulullah ), maka untuk khusuk dalam sholat itu bukanlah sesuatu yang teramat sulit.

    Demikian Pak Agor, maaf kalo jwbnya tidak memuaskan. Saya juga masih tertatih-tatih untuk melakukannya. Semoga Allah senantiasa memberikan kita kekuatan untuk itu. Amin.

  5. […] Upaya khusus, eh khusyu itu gampang-gampang susah, Sumeleh bilang itu sebenarnya mudah […]

  6. bagi saya shalat itu bagaikan makanan kalau dah waktunya makan belum makan maka kita akan jadi lapar. begitu juga dengan salat kalau dah waktunya shalat belum shalat kayaknya ada sesuatu yang kelaparan yaitu roh kita, yang belum menghadap sang pecipta.

  7. Perlu adanya tulisan al’ quran dan al hadis dalam tataca a kekhusukan sholat tadi dan sangat berguna

  8. aries said

    Untuk saya khusyu nomor 2,yang terpenting adalah nawaitunya,kalau niatnya mantap maka khusyu akan terasa mudah,asal tidak berlebihan dalam menjlankannya

  9. Santoso said

    Saya hendak bertanya dan ini benar-benar diluar topik (OOT) ‘khusuk’, tapi saya sangatlah membutuhkan jawaban. Apabila ada beberapa orang makmum yang masbuk dan berada dalam satu shaf yang sama, saat imam selesai dengan sholatnya, apakah bisa/boleh seorang dari makmum yang masbuk tadi menjadi imam penerus? adakah dalil yang sahih soal ini?

  10. Bayu A.D.A said

    Saya,tidak tahu apakah saya pernah shalat khusyu atau belum, tetapi menurut pengalaman saya, jika saya shalat terkadang saya resapi arti dari doa2 yg saya ucapkan, bayangkan jika saya mati, amalan apa yang saya punya?sungguh sangat kurang amalan yg saya peroleh,jangan pernah merasa bahwa diri saya adalah manusia yang paling suci.sungguh rendah saya dibanding Allah SWT.mohon ampun sebesar2nya kepada allah.ikhlaskan diri saya(baik jasad/jiwa) kepada Allah SWT.sadar bahwa seluruh bagian dari jasad dan jiwa saya adalah milik Allah SWT. dan suatu ketika nanti akan kembali kepadaNya.terkadang secara tiba2 sayapun meneteskan air mata,karena mengingat bahwa amalan saya teramat kurang jika Allah SWT mengambil jiwa saya saat itu juga. setelah selesai shalat. perbanyaklah berdzikir di manapun asalkan baik tempatnya(jangan di dalam WC).pahami arti dari tiap dzikir.

    memang tidaklah mudah pada awal.tetapi apabila anda telah merasakan betapa Maha BesarNya Allah/meneteskan air mata ketika anda shalat, maka anda akan selalu merasakan adanya kerinduan akan Allah SWT. dan ingin agar anda cepat kembali ke waktu shalat berikutnya. dan tentunya anda akan berharap bahwa setiap hari dalam hidup anda adalah malam lailatul qadar.

    Jika ada kesalahan kata,pastilah kesalahan saya.namun apabila terdapat kebenaran dari kata2 saya,itu semua merupakan nikmat anda dari Allah SWT(tolong jangan mengartikan saya menggangap diri saya adalah Allah SWT,saya sesungguhnya hanyalah seorang manusia biasa).

    Insya Allah, jika kita selalu beriman&bertaqwa kepada Allah SWT. kita akan dihadiahkan shalat khusyu/lalatul qadar.dan ingat jangalah berpuas diri dalam mencari ridhla dari Allah SWT.

  11. Dwiananda said

    tambahan untuk komentar mas/mba Bayu A.D.A kita juga harus yakin bahwa kita sedang menghadap Allah SWT. dan kita harus yakin bahwa Allah SWT sedang mendengar apa yang ada dihati dan mulut kita.dan itupun harus kita lakukan dengan hati tunduk kepadaNya.

  12. yunita said

    kenapa yaa susah bgt untuk bisa mengerjakan shalat pasti ada aja sesuatu yg bisa buat shalat jadi tertunda. bisa g minta tipsnya supaya shalatku menjadi semangat dalam kehidupanku.

  13. agas said

    Yang penting mengikuti petunjuk Rasul S.A.W.

    ‘Solat lah kamu sebagai kamu melihat solat ku”.

  14. azzzs said

    selalu berusaha khusyuk dalam sholat

  15. lanjar said

    alhamdulillah, melalui bacaan ini, insya Allah saya akan berusaha memparbaiki kwalitas sholat.

    makasih atas nasihatnya.

  16. H Ali M Suwarto said

    Yang penting kita harus tau dulu apa yang ada di ALqur’an mengenai Sholat kalau yang saya tau secara sederhana mengenai Sholat adalah “Wa’akimissholati li Zikri”sesungguh nya dan sebenarnya bahwa Sholat itu untuk mengingat Aku ” maksud nya sewaktu kita Sholat yang paling utama kita harus benar-benar mengingat ALLAH atau tulisan arab nya ” Alif Lam Lam Ha ” disamping rukun dan Syarat sah nya Sholat,karena kalau kita tidak melaksanakan yang demikian kita akan kena surah Al Ma’un yaitu ayat yang mengatakan ” masuk neraka waill lah orang-orang didalam Sholat nya Lalai maksudnya sengaja melupakan atau tidak mengingat ALLAH”jadi itulah pengertian sederhana yang mungkin dapat dipahami oleh orang-orang awan dan yang paling penting kalau kita tidak MAU kena ayat yang seperti tersebut di atas kita harus mencari bagaimana cara dan belajar Zikir atau cara mengingat ALLAH yang benar yang sesuai dengan kemauan ALLAH SWT ….saya yakin dan percaya kalau kita mau nerniat mencari kebenaran pasti ALLAH SWT akan menunjuki kita Amiien …

  17. adhy said

    kenapa ya??? iman itu naik turun??? tekadang untuk beribadah (sholat)bersemangat sekali, namun terkadang begitu berat melaksanakannya…

  18. donadzku said

    trims ya atas infonya..mudahan2 saya bisa lebih kusyu lagi didalam menjalankan shalat, amieen.

  19. Agus Yulianto said

    smoga saya bisa sholat dengan khusyuk dan diterima amalan saya, karena saya merasa Nothing, tidak punya apa2 dan tidak ingin apa2 kecuali ridho Allah SWT

  20. akmu said

    hmmm.. tips yg brguna bgd.. trima kasih bnyak.. mdah2n sya dpat menerapkan nya dan berusaha terus menerus.. brsyukur ada internet.. jd.. bs tau info dr orang2 yg pintar yg blm sya kenal.. hehehe :D ..

  21. Hasnan said

    Assalamualaikum,
    Saya ingin bertanya
    di artikel d atas menyebutkan “sholatlah kalian dgn tenang seolah2 kalian melihat Allah d dpan kalian”,
    apakah yg dmaksud dgn mlihat Allah d depan kalian? Apakah itu brarti membayangkan Allah? Tpi bagaimana kita bsa membayangkan Allah sementara kita tdak tau wujud/ bentuk dri Allah? Mohon d jelaskan.
    Trimakasih

  22. wul said

    subhanallaah..

    nice posting^^

    salam ukhuwah dariku :)

  23. adhie said

    saya ingin bertanya. . gmn cara khusyuk nya sholat selain yg di contoh kan di atas . .

  24. Ridha syah putra said

    Assalamualaikum.
    Sy ingin mencoba menjwb pertanyan dr saudara/ i hasnan.
    Memang betul ktk shlt kt seolah2 melihat Allah. Namun perlu d tekankan bhwa bkn melihat bentuk Allah. Tp merasakan kehadiranNya..

    Rasakan seolah2 Allah berada di dpn kt. Sedang melihat kt. Dan ikhlaskan diri anda kpdNya. Serahkn segala urusan pdNya.
    Sedikit saja kt lalai, syaitan akan mengambil alih atau menggoda kt.

    Dr itu, hrs diperhatikan jg sikap dan perbuatan kt sehari_hari krn itu jg menentukan kekhusyukan shlt. Cntohnya dr segi rezeki. Halal atau haram..Bgmana mngkin kt mencapai benar2 khusuk, sementara makanan yg kt makan didapat dr yg tdk halal (riba, mencuri,dsb).

    Demikian yg dpt sy uraikan. Sy jg masih bljr utk khusuk dlm shlt. Jika ada kata2 sy yg slh mhn dimaafkn krn sy hanyalh manusia biasa..
    Semoga amal ibadah kt diterima di sisi Allah SWT..

  25. Sapitri said

    ass..
    aku bingung nih,klo sholat sambil nangis khusyuk bkan sih nama nya ?

  26. Sapitri said

    ass..
    aku bingung nih,klo sholat sambil nangis khusyuk bkan sih nama nya ?
    afwan ya klo pertanyaan nya nge bingungin .
    hatur nuhun .

  27. Irfan Hakiem said

    Assalamu’alaikum.
    Terima kasih kepada semuanya yang banyak sekali tanggapan dan masukannya. Artikel ini saya tulis ketika lagi di Mesir dulu, semasa masih kuliah di sana. Namun, artikel ini saya kasih nama orang tua sebagai persembahan dari seorang anak kepada orang tuanya yang tengah menyekolahkan saya ke negeri seribu menara. Semoga manfaat dan menjadi ilmu. Amin.

  28. Irfan Hakiem said

    Lanjutan….saya sangat bersyukur artikel yang dimuat di Hikmah Republika, banyak yang dikutif lagi dibeberapa website lainnya. Alhamdulillah.

  29. LIDIA said

    alhamdulillah…
    sangat sulit shalat khusyuk
    tpi saia slalu berusaha
    smga qta slalu dla lindungan NYA

  30. cakmet said

    Alhamdulillah, sholat khusyuk sekarang digandrungi banyak orang. Semoga semakin banyak orang yang khusyuk sholatnya, maka semakin aman dan damai negeri tercinta ini,..Amien

  31. Nanda Najih said

    excellent, terimakasih banyak. saya memang mencari sesuatu yang bisa mengikat hati saya agar tidak kemana-mana saat sholat.

  32. rita munawaroh said

    khusyuk itu sangat penting dlm hidup….namun ketika saya g bisa khusyuk….hrs gimana?????????????????

  33. Jadikanlah shalat sebagai kebutuhan bukan kewajiban. ketika kita menganggapnya sebagai kewajiban maka pastilah di dalam hati kita terbersit perasaan semacam “keterpaksaan”, padahal sebenarnya kalau kita pahami betul bahwa ini adalah kebutuhan, maka insya Allah hati kita akan tenang karena kebutuhan kita sudah terpenuhi. Wallahu a’lam bishawab.

  34. Endah aprilia said

    Saya belum bisa sholat dengan khusyuk…tapi saya akan berusaha…

  35. Umibaheyah62 said

    Dulu aku sibuk bekerja dan kerap abaikan solatku, syukur aku kepada Allah SWT kerana telah diberi petunjuk dan hidayahMU Ya Allah.Kini masa-masa ku, aku habiskan untuk mencari ilmu akhirat dengan doa yg tidak putus2 agar amalanku diterima di sisiMU YA ALLAH.

  36. hati2 mengimplementasikan khusyuk, kl salah kafir lho..
    ingat, yg qta sembah tu Dzat, ada tp tak nampak. Kl konsentrasi dg tulisan lafal brarrti mnyembah lafal, bkn dzat, kl mmbayangkan brrti mnduakan dg bayangan yg tak nampak, tuh kan bs kafir…
    jgn mudah menyimpulkan, qta msh awam, insan ihsan belum lo ya…
    kl dlm Al-Qur’an petunjuk yg ada “Dzikrullahi Akbar” perbanyak dzikir, ya mau bgmn lg ikut sj shalat dg dzikir terus dlm hati (bkn pikiran), jd pikiran kosong, yg ada cm dzikir.

  37. tips komputer…

    […]Khusyuk dalam Shalat « sumeleh[…]…

  38. Firma said

    Firma…

    […]Khusyuk dalam Shalat « sumeleh[…]…

  39. Nisa said

    Subhanallah.. :)

  40. sunariyah said

    trus trg sa,at saya salat,,bygn dunia,,ttp ada,,mudah2hanstlh membaca saran ni sya bisa kusyuk dan merasakan manisnya shalat,,,amin,,trm ksh ts sranya,,,,indah sx

  41. rika said

    ass
    klo shalat kluar air mata kusyuk gg yah?

  42. Syukron katsiran,,,

  43. […] Khusyuk dalam Shalat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: