sumeleh

semua yang ada di alam semesta berdzikir kepada Allah Swt

Bersegeralah dalam kebajikan

Posted by heri purnomo on July 13, 2006

Rasul mulia shalallahu ‘alaihi wasalam telah bersabda, “Bersegeralah menunaikan amal-amal kebajikan. Karena, saatnya nanti, akan datang banyak fitnah, bagaikan penggalan malam yang gelap gulita. Betapa bakal terjadi seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, di sore harinya ia menjadi kafir. Dan seseorang yang di waktu sore masih beriman, keesokan harinya menjadi kafir. Ia menjual agamanya dengan komoditas dunia.” (Hadits Rriwayat Imam Bukhari dan Muslim)


Sabda nabi tersebut merupakan anjuran kepada umat yang dicintainya agar bersegera dalam menunaikan amal kebajikan. Jangan menunda-nunda perbuatan baik. Anjuran itu sekaligus sebagai tuntunan menyikapi suatu keadaan yang beliau pun mengingatkannya, yaitu akan munculnya berbagai macam fitnah. Apabila keadaan yang penuh fitnah itu terjadi, maka orang-orang yang bersegera dalam berbuat baik dan men-dawamkan-nya, mereka akan mendapat perlindungan Allah SWT.

Fitnah itu, disifati, bagaikan penggalan malam yang gelap gulita. Sebuah tamsil tentang keadaan yang diliputi keburukan. Dalam gulita, tidak dapat dikenali mana yang asli, mana yang palsu. Sulit dibedakan mana yang baik, mana yang buruk. Di tengah kegelapan orang hanya meraba dan menduga bercampur perasaan galau dan curiga. Konon, hanya mereka yang punya itikad jahat yang bisa hidup senang dalam kegelapan.

Mungkinkah fitnah itu sedang hadir dalam kehidupan kita hari-hari ini? Wallahu’alam. Hanya saja, alangkah baiknya bila kita bersikap waspada, mengingat perkembangan, akhir-akhir ini, tak kunjung mengarah pada kehidupan yang lebih baik. Kekuatan-kekuatan destruktif terus bermunculan memupus aset-aset kebajikan yang selama ini kita miliki.

Para elite seolah lebih suka bersengketa dan alpa memikirkan derita rakyat jelata. Tokoh-tokoh umat saling berlomba meraih kedudukan, kendati untuk mencapainya seringkali harus menodai keyakinan atau melecehkan agamanya sendiri.

Mengarifi kenyataan itu, sungguh bijak jika kita menyambut imbauan Rasulullah saw, tidak menunda untuk berbuat baik. Bahkan terus memperbanyak amal kebajikan sejauh yang dapat kita sanggupi.

Maka marilah kita segera berbuat baik. Sesungguhnya pastilah Allah menyertai orang-orang yang berbuat baik. (QS 29:69).

One Response to “Bersegeralah dalam kebajikan”

  1. agorsiloku said

    Suatu kali kebajikan mau datang pada kita dan kita diberi kemudahan untuk kemudian dipahami sebagai amal. Kita juga jumpai orang yang tidak mau, sang amal datang padanya. Kita pahami, orang itu sangat kikir….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: